Thursday 14 December 2017

Bolu Jerman


 
 
Beberapa waktu yang lalu, aku coba bikin Bolu Jerman yang sempat ngetrend. Dari sekian banyaknya resep yang beredar di internet, aku copas salah satu dan simpan di notes, tapi aku lupa tulis dari web/blog/ig nya siapa..maafin ya..

Adonannya menggunakan tehnik all in one, kecuali butter/margarine cairnya, tapi aku tidak tambahkan air lagi (beberapa resep menggunakan air). Hasilnya enak, lembut dan tidak seret. Malah m
irip bolu bentuk hati yang dulu diproduksi toko roti Play Boy di Surabaya. Ketika baru matang, teksturnya lemas, tapi setelah menginap semalam jadi lebih kokoh dan enak. Aku pakai mix butter dan margarine. Ngovennya kurleb 50 menit (di resep 15-25 menit). 

Bahan:
  • 6 kuning telur 
  • 3 putih telur
  • 100 gram mentega /butter/margarin cair
  • 100 gram gula pasir
  • 60 gram tepung terigu
  • 35 gram tepung maizena  
  • 25 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt emulsifier (TBM / SP/ovalet)
  • 1/2 sdt vanili (saya tidak pakai)
  • 2 sdm air (saya tidak pakai)
  • Loyang tulban 22 cm.
 
Cara Membuat:
  1. Olesi Loyang dengan margarine/butter tipis tipis lalu taburi sedikit terigu dan ratakan.
  2. Campur semua bahan kecuali butter cair
  3. Kocok dengan mixer menggunakan speed tinggi sampai kental dan berjejak
  4. Masukkan mentega cair , aduk balik dengan spatula
  5. Masukkan ke Loyang
  6. Panggang dengan suhu 150 - 160 derajat celcius selama 45 – 50 menit sampai permukaannya berwarna kecoklatan. Angkat dan segera keluarkan dari Loyang.
 
 
 Recommended untuk teman minum teh

#resepkeluargacinta
#bolujerman

 

No comments: